Lahan Tambang Aspal Alam Buton Cari Kerjasama

PT.Bukit Abadi Resources (BAR) selaku pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) Elsplorasi membuka peluang kerjasama penambangan dan pengolahan aspal Buton. Dengan luas lahan 2.000 Ha di Sampolawa dan Luas 2.000 Ha di Wolowa, prospek jangka panjang proyek ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar, baik bagi komersialitas, PAD, maupun kesejahteraan masyarakat sekitar tambang dan Buton pada umumnya.


Skema bisnis yang diajukan oleh PT. BAR adalah Joint Operation, Kontrak Produksi atau sistim SPK kerja atas sebagian lahan. Model yang diajukan ini bukan ketetapan, tetapi dari pihak investor diharapkan mengajukan model yang bisa dijadikan bingkai kerjasama. Yang pasti, PT. BAR tidak akan melakukan Take Over lahan.

Perihal penting yang perlu diketahui calon investor bahwa konsepsi proyek merujuk pada keberpihakan terhadap hak ulayat dan masyarakat sekitar tambang. Investasi tidak akan terbebani karena sharing terhadap masyarakat adalah beban dari PT. BAR. Model ini menjadi anutan setalah menyadari bahwa sebagian besar tambang di Indonesia hanya mengejar sisi komersial semata, dan cenderung mengabaikan hak ulayat dan masyarakat sekitar tambang.

Comdev, CSR dan kewajiban lain atas masyarakat sudah merupakan kewajiban yang diakomodir oleh undang-undang minerba, tetapi sharing kepada masyarakat dan Pemda (Divestasi) masih sangat dihindari ole pelaku tambang. 

Dalam proyek ini, PT. BAR meyakini bahwa hanya model ini yang dapat menjadikan tambang-tambang di Indonesia berhasil dilaksankan dan memungkin masyrakat dapat menikmati hasil SDA Indonesia. Pelaksanaan Comdev, CSR dan pemberdayaan lainnya wajib dimasukkan kedalam perhitungan rugi laba proyek. Dan, untuk saat ini selaku pengelola PT. BAR  menentukan sikap bahwa sementara ini PT. BAR yang menanggung semua share kepada masyarakat diluar Comdev dan kewajiban normatif lainnya.

Jika tertarik, skema bisnis dapat dikirmkan ke alamat peminat dan setiap saat management PT. BAR bersedia melakukan pembicaraan untuk mebahas rencana kerjasama dan ketetapannya. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi kami pada email : miningagency@gmail.com 

(Ad 01)