Ditawarkan Perusahan Pemegang IUP Mangan di Buton

PT. Kencana Bumi Pertiwi (KBP) pemegang dua IUP Eksplorasi Mangan (Mn) masing-masing seluas 680 Ha dan 1.003 Ha rencana melepaskan kepemilikan kepada umum yang beminat. Lokasi IUP PT. KBP terdapat di Kecamatan Siotapina Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara.

Kadar Mangan Buton yang pernah di uji terdapat pada kadar 42 persen up dengan material uji adalah Mangan yang terdapat dipermukaan dalam bentuk bolder.    Mineral pengikut Mangan - asosiasi - yang mengundang daya tarik investor antara lain adalah keterdapatan unsur Emas (Au) didalamnya. Dengan nilai jual emas yang sangat tinggi dan terus meningkat secara signifikan saat ini, Mangan kemudian menjadi primadona dalam bidang tambang mineral logam kategori jarang. 

Negara-negara asal investor yang cukup getol memburu Mangan bisa disebutkan antara lain Korea, Jepang India, Malaysia dan tentu China merupakan negara yang paling dominan dalam rating permintaan. Posisi pengusaha lokal cwnderung hanya sebagai median awal untuk mengurus perizinan dan sosialisasi ke masyarakat. Hal ini tidak salah, yang perlu dibenahi adalah bargaining para pengusaha kepada investor untuk memasukkan royalty masyarakat kedalam royalty produksi diluar kewajiban formal kepada pemerintah daerah dan pusat.

Skema bisnis yang ditawarkan adalah take over perusahaan plus royalty produksi. Jika tak over tetap berlaku royalty sedangkan jika join operasi maka diajukan down payment plus royalty dimana down payment yang diterima merupakan loan yang akan dipotong dari royalty secara berkala hingga lunas dan royalty berlaku normal.

Bagi peminat yang serius akan bertemu dengan pemerintah daerah setempat untuk beranjangsana sekaligus membicarakan prospeksi Mangan kedepan. Untuk informsi selanjutnya dapat menghubungi email blog ini.

Sebagai tambahan informasi, lahan Mangan tersebut berjarak tiga Km ke pantai dan jarak meuuju open sea kurang lebih 4-5 km. Status kawasan atas lokasi ini sedang dalam proses penurunan status dari HP menjadi APL. Masyarakat setempat merupakan bagian integral dari proyek penambnan jika sudah beroperasi dimana masalah sosial lingkungan adalah bagian dari pengelola, termasuk dalam ryalty produksi yang diajukan dalam penawaran ini.

Dokumen dan data eksplorasi akan dikirmkan kepada peminat yang serius dan sanggup memenuhi syrarat.


Baca juga referensi tentang Mangan pada situs berikut ini.
www.infomineralindonesia.com