Investo! "Investasikan Energimu untuk Bumi"

sebelum saya mengutarakan mengenai investasi energi kita untuk bumi , terlebih dahulu saya ucapkan Happy Birthday KOMPAS MUDA 5th, semoga kedepan bisa ikut berperan dalam pembangunan bangsa ini.

nah ngomong ngomong masalah mengenai investasi, sebagian dari kita pasti sudah mengetahui apa arti kata "investasi", ya "investasi" menurut saya adalah penanaman sesuatu (bisa modal, energi dll) yang nantinya akan dipersiapkan dan digunakan dalam jangka panjang. nah mengacu dari pengertian tersebut maksud dari investasikan energimu untuk bumi menurut saya adalah kita sedikit demi sedikit dapat mengurangi penggunaan sumber daya energi yang ada dibumi, artinya kita juga sedikit demi sedikit ikut berinvestasi untuk kelangsungan kehidupan di bumi untuk kemudian kelak.





tentunya kita sudah tahu bahwasanya jumlah sumber energi di bumi ini makin lama akan berkurang, tentunya eksploitasi berlebihan terhadap bumi akan mengakibatkan dampak yang buruk untuk kelangsungan hidup kita sendiri, dengan memulai belajar menghemat penggunaan listrik, penggunaan air, dan lainya. kita juga berarti berperan serta dalam berinvestasi energi untuk bumi kita, selain dengaan cara penghematan, kita juga bisa berperan serta dalam mejaga lingkungan bumi kita dengan ikut serta gerakan reboisasi, dan berbagai kegiatan yang mempunyai dampak yang baik terhadap lingkungan. sebagai contoh jika kita menanam satu pohon saja, tentunya pohon tersebut ikut berperan dalam mereduksi gas CO2 dan akan menambah suplai oksigen untuk bumi kita. coba anda hitung jika satu orang menanam 2 pohon saja dialikan jumlah penduduk dunia, tentunya kita dapat menurunkan angka kadar oksigen diudara, hal hal seperti itulah yang seharusnya mulai kita gerakkan. apalagi sebagai generasi muda, kita harus berperan aktif dalam menjaga kelestarian bumi kita.

nah mulai dari sekarang mari kita mulai berinvestasi untuk bumi kita dengan cara cara yang telah saya jelaskan tadi, diharapkan dengan berinvestasi ini kelak anak cucu kita masih dapat merasakan hijaunya pepohonan, rimbunya hutan dan segarnya udara. AYOK KITA BERINVESTASI ENERGI UNTUK BUMI KITA......
  

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina.