Belanda Genjot Investasi Energi Terbarukan


JAKARTA - Pemerintah Belanda akan berusaha untuk menarik para investor lokal agar mau berinvestasi di sektor renewable energy.

"Kami akan berusaha menarik investor dari tempat kami untuk berinvestasi di Indonesia khususnya di sektor energi terbarukan," kata Deputy Head of Mission of the Royal Netherland Annemieke Ruigrok, yang ditemui dalam Seminar Nasional Casindo, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (25/10/2011).

Menurutnya, sudah banyak investor yang dia jajaki namun belum tahu kepastiannya kapan akan mulai rencana investasi ini. "Sudah banyak namun mereka belum memastikan kapan dan berapanya," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Waryono Karyo mengungkapkan pintu untuk investor asal Belanda akan dibuka seluas-luasnya. Oleh karena itu, Kementerian ESDM sedang berupaya merangkul para investor.

"Untuk investasi, the door is open. Oleh karena itu Kita sedang rangkul dia. Saya harapkan investasi dari Belanda," ujar Waryono.

Dia juga menambahkan, dia ingin mengembangkan energi ini terlebih dahulu agar bisa dipakai oleh seluruh rakyat Indonesia. "Kami coba kembangkan dulu. Nanti kan bisa dipakai untuk semuanya," tambahnya.

Menurutnya, energi ini sudah diamanatkan oleh presiden agar Kementerian ESDM jadi segera dioptimalkan dan dijaga sebaik mungkin agar anak cucu bangsa Indonesia bisa merasakan hasilnya. "Presiden kan mengamanatkan ke kita. Maka kita jaga supaya nanti bisa dipakai anak cucu kita. Kalau tidak melaksanakannya nanti kita berdosa dong," pungkasnya.

 Source :  http://economy.okezone.com/read/2011/10/25/19/520051/belanda-genjot-investasi-energi-terbarukan

Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina